Saturday, December 14, 2013

Sekilas Sejarah Pendidikan Bangsa Persia

Published by Unknown on Saturday, December 14, 2013  | No comments


        Bangsa Persia atau sekarang dikenal dengan nama bangsa Iran, ialah suatu bangsa yang menempati daerah gersang sehingga membuat bangsa ini begitu agresif. Peperangan menjadi kebiasaan mereka dan mewujudkan kekaisaran dunia. Bangsa ini semain lama semakin maju dan merampas daerah-daerah di sekitarnya.

        Karena motif nasionalnya yang seperti itu kelas serdadu lebih banyak dari pada kelas pendeta pada bangsa ini. Hidup mereka berkisar pada ekonomi dan militer, hal ini membawa watak religi dalam filsafatnya dan suka berperang juga.

Tujuan Pendidikan

        Tujuan pendidikan dari bangsa ini adalah mengedepankan aspek kekuatan bukan memelihara kebudayaan. Soal-soal yang praktis lebih diutamakan daripada belajar yang teoritis. Keinginan mereka adalah menciptakan serdadu-serdadu yang baik, sehat jasmani, kuat, penuh keberanian dan banyak berjasa pada negara. Dengan demikian bahwa yang diutamakan bangsa ini adalah kemiliterannya bukan keagamaannya.

Tipe Pendidikan

        Tipe latihannya adalah kemiliteran. Jasmani merupakan sasaran pokok. Latihan-latihan diwajibkan terutama golongan Aristokrat. Lain daripada itu ada pendidikan keagamaan yang sistematis yang digunakan kamum Magi (golongan pendeta).

Isi Pendidikan

        Isi pendidikannya berupa latihan badan dan atletik. Penanaman kesabaran atas penderitaan. Mengadakan pengawasan kepada diri sendiri, jenis latihan fisiknya:
1. lari melempar batu
2. berburu dan melempar
3. membawa barang yang berat (untuk anak laki-laki)
4. berlatih menaiki kuda (untuk anak laki-laki)


________________________________________________________________
PUSTAKA

Suparman, T. Dan Leo Agung S. 2012. Sejarah Pendidikan. Ombak. Yogyakarta.

Illustration Image by Anneahira

Filed in :
About the Author

Write admin description here..

0 comments:

    If you would like to receive our RSS updates via email, simply enter your email address below click subscribe.

Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top